Kamis, 09 April 2009

MEMBUAT SEARCH ENGINE UNTUK WEBSITE ANDA

MEMBUAT SEARCH ENGINE UNTUK WEBSITE ANDA

Setiap pengunjung pada website anda biasanya akan mencari informasi yang spesifik. Jika mereka menghabiskan banyak waktu untuk mencari apa yang mereka inginkan di website anda, Pengunjung akan berpindah ke situs lain.

Search engine adalah solusi yang tepat untuk mengatasi masalah ini. Pengunjung akan dengan cepat mendapatkan apa yang mereka inginkan di website anda dan search engine akan membuat website anda tampak lebih professional.

Untuk Website static (hanya menyediakan informasi kepada pengunjung, tanpa adanya interaksi) akan lebih mudah untuk mengindex website secara offline, dan bisa kita jalankan pada local komputer. Untuk dynamic page, untuk mengindex semua file website membutuhkan koneksi database (misal mysql) dan membutuhkan recordset untuk menampilkan hasil pencarian. Disamping itu kita masih membutuhkan webserver seperti apache, Microsoft IIS dsb.

Berikut ini adalah kode untuk form kolom pencarian (search engine) :

Untuk menampilkan hasil pencarian, kita membutuhkan halaman khusus dengan nama Search.html atau search.php (jika anda menggunakan aplikasi PHP dan koneksi database). Berikut ini adalah kode tampilan hasil pencarian:

Jika kita ingin membuat search engine sendiri, kita harus mengindeks (mendata semua file, kata, kata kunci) sendiri. Salah satu aplikasi yang bisa digunakan adalah search engine builder. Anda bisa mendownloadnya di link ini):

http://www.ziddu.com/download/4213854/earchEngineBuilderProfessional.v2.66.Incl.Keymaker.rar.html

Tidak ada komentar: