Senin, 20 April 2009

Perkalian Matriks

· Fungsi : mengalikan dua buah matriks

· Contoh : Perencanaan Kebutuhan Material (Material Requirement Planning)

Untuk menentukan kebutuhan bahan baku (raw material) secara tepat dan kapan paling tepat untuk pemesanan dibutuhkan manajemen perencanaan kebutuhan material (material requirement planning).

Perencanaan kebutuhan material membutuhkan informasi :

· Jadwal Induk Produksi

· Catatan Persediaan

· Struktur Produk (BOM – Bill of Material)

· Langkah 1 : Buat BOM

BOM menunjukkan kebutuhan bahan baku (raw material) per satuan barang jadi (finish good). Kolom menunjukkan material apa saja yang ada dan baris menunjukkan barang jadi.

· Langkah 2 : Buat Jadwal Induk Produksi (JIP)

Jadwal induk produksi menunjukkan jumlah barang jadi yang akan diproduksi untuk setiap periode produksi. Periode bisa harian atau mingguan.

· Langkah 3 : Buat MRP

Material requirement planning dihasilkan dari perkalian matriks antara BOM dan JIP (fungsi MMULT). Fungsi MMULT tidak memperbolehkan isi BOM dan JIP dengan karakter selain angka.

Isi C3 dengan =MMULT(BOM!E4:N9,JIP!D3:H12). Blok range C3 sampai G8. Tekan tombol keyboard F2 kemudian tekan Ctrl-Shift-Enter.

· Langkah 4 : Buat ORDER

Order diambil dari MRP dan digeser ke depan sebesar Lead Time yang ada pada BOM. Diasumsikan tidak menyimpan material sehingga tidak tersedia material sisa pada awal periode.

· Kolom C Order (tgl 29) hanya dapat mengambil kolom C MRP (mis =IF(BOM!$D4=3,MRP!C3,0) pada C3).

· Kolom D Order (tgl 30) hanya dapat mengambil kolom C dan D MRP (mis =IF(BOM!$D4=2,MRP!C3,IF(BOM!$D4=3,MRP!D3,0)) pada D3)

· Kolom E Order (tgl 31) hanya dapat mengambil kolom C, D dan E MRP (mis =IF(BOM!$D4=1,MRP!C3,IF(BOM!$D4=2,MRP!D3,IF(BOM!$D4=3,MRP!E3,0))) pada E3)

· Kolom F sampai J Order (tgl 1-5) hanya dapat mengambil kolom C-G MRP (mis=IF(BOM!$D4=0,MRP!C3,IF(BOM!$D4=1,MRP!D3,IF(BOM!$D4=2,MRP!E3,IF(BOM!$D4=3,MRP!F3,0)))) pada F3).

1 komentar:

  1. huwaaa binguuuuuuuuuuung :( gimana si cara bikin MRP ituuu :"(

    BalasHapus